cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Prosiding Semhavok
Published by Universitas Bina Darma
ISSN : 26545438     EISSN : -     DOI : -
SEMHAVOK merupakan singkatan dari "Seminar Hasil Penelitian Vokasi" yang diselenggarakan oleh Fakultas Vokasi Universitas Bina Darma. Ruang lingkup penelitian yang dihasilkan merupakan gabungan dari 5 (lima) Program Studi pada Fakultas Vokasi, yaitu: Teknik Komputer, Manajemen Informatika, Komputerisasi Akuntansi, Administrasi Bisnis dan Manajemen Perusahaan. Keseluruhan hasil penelitian yang telah dipresentasikan dan melalui proses review akan diterbitkan pada "Prosiding Semhavok". SEMHAVOK akan dijadwalkan agar dapat diselenggarakan satu kali setiap tahunnya pada bulan September. Seminar ini juga mengundang penulis dari seluruh Indonesia karena ruang lingkup seminar ini dalam skala Nasional.
Arjuna Subject : -
Articles 45 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2020): Juli - Desember 2020" : 45 Documents clear
PROSEDUR PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS AKTIF PADA PT.KERETA API INDONESIA DIVISI REGIONAL III PALEMBANG Febriyunita, Febriyunita; Khudri, Akhmad
SEMHAVOK Vol 2 No 2 (2020): Juli - Desember 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan arsip dinamis aktif pada PT. Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Palembang yang meliputi pencipta arsip aktif, penataan arsip dinamis aktif, peminjaman dan penemuan kembali arsip dinamis aktif, pemeliharaan dan pengamanan arsip dinamis aktif dan penyusutan arsip dinamis aktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pengelolaan arsip dinamis aktif pada PT. Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Palembang belum dilaksanakan secara maksimal disebabkan oleh: 1) Penciptaan arsip dalam pengurusan surat masuk dan surat keluar belum dilaksanakan secara benar; 2) Peminjaman arsip dinamis belum menggunakan prosedur peminjaman yang tepat; 3) Penemuan kembali arsip masih membutuhkan waktu yang cukup lama berkisar 5 menit; 4) Pemeliharaan dan pengamanan arsip dinamis belum dilaksanakan dengan maksimal. Hambatan yang dihadapi dalam pengelolaan arsip dinamis aktif antara lain1) Fasilitas kearsipan secara kualitas dan kuantitas masih kurang; 2) belum adanya arsiparis dan keterbatasan kemampuan serta pengetahuan pegawai tentang pengelolaan arsip dinamis aktif; 3) pemeliharaan dan pengamanan arsip dinamis belum dilaksanakan secara maksimal.
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN KAS PADA PT POS INDONESIA PALEMBANG Feranty, Nenty; Putra, Ade
SEMHAVOK Vol 2 No 2 (2020): Juli - Desember 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring dengan perkembangan perekonomian di era globalisasi, kebutuhan akan jasa pengiriman salah satu PT POS Indonesia cabang Palembang semakin meningkat. Perancangan menggunakan tool pengembangan sistem Unnifield Modeling Language (UML) dan perancangan proses sistem menggunakan software Astah Community. Dalam merencanakan perancangan proses sistem pada Astah Community menggunakan Class Diagram, Use Case Diagram, Statemachine Diagram, Activity Diagram, Squence Diagram, Component Diagrams, Package Diagram dan Devloyment Diagram. Tahap pengumpulan data ini menggunakan metode deskriptif dengan mengumpulkan dan menyusun data, serta menganalisis dan menginterpretasikan makna data tersebut. Dalam analisis sistem penerimaan kas ini menghasilkan perancangan sistem berbasis website dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.
EVALUASI KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN HOTEL DINESTI KAYUAGUNG Anggraini, Deta; Noviardy, Andrian
SEMHAVOK Vol 2 No 2 (2020): Juli - Desember 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini yang berjudul evaluasi kualitas pelayanan pelanggan Hotel Dinesti Kayuagung dan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan kepuasan tamu di Hotel Dinesti Kayu Agung. Hotel Dinesti Kayu Agung merupakan hotel berbintang 2 dan didirikan sejak tahun 2001.
PROSEDUR PELAKSANAAN CUTI TAHUNAN PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DPMPTSP KOTA PALEMBANG Pratiwi, Adelia Amrina; Agustian, Wiwin
SEMHAVOK Vol 2 No 2 (2020): Juli - Desember 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang merupakan instansi pemerintah yang bergerak pada bidang perizinan yang dibawahi langsung oleh walikota. Dalam kegiatannya setiap bagian mempunyai fungsi dan tugasnya masing-masing. Disini penulis mengamati secara langsung kegiatan pemberian cuti tahunan pada pegawai negeri sipil. Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode untuk mendapatkan data dari instansi seperti melakukan pengamatan dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1). Prosedur pelaksanaan cuti tahunan yang baik dan benar pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang sangatlah penting dalam pelaksanaan pengajuan cuti tahunan. 2). Prosedur pelaksanaan cuti tahunan yang baik dan benar pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang juga sangat penting dalam kelancaran pengajuan permohonan cuti tahunan.
ANALISIS DAN PERANCANGAN PROSEDUR PENGIRIMAN BARANG RETURN PADA E-COMMERCE PT. TIKI JNE PALEMBANG Ayu, Mella Dwi Sri; Tujni, Baibul
SEMHAVOK Vol 2 No 2 (2020): Juli - Desember 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada era modern saat ini sector jasa telah mengalami peningkatan yang sangat pesat di bandingkan dengan dekade sebelumnya. Perkembangan pada sektor jasa dapat dilihat dari semakin meningkatnya kebutuhan konsumen akan berbagai industri pada sektor jasa. Industri jasa cukup bervariasi sesuai dengan dinamika yang terjadi pada sektor jasa dapat dilihat dari perkembangan dan berbagai jenis salah satunya adalah industri jasa pengiriman barang. PT TIKI JNE merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa pengiriman yang telah digunakan dalam banyak - ecommerce Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan solusi dalam menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan pengiriman barang return pada e-commerce di PT TIKI JNE Palembang. Pada penelitian ini akan dikembangan dengan menggunakan metode deskriptif untuk mendapatkan data-data pada proses analisis dengan menerapkan teknik pengumpulan data seperti wawancara dan studi pustakan. Pada pengembangan sistem analisis ini akan menggunakan alat pengembangansistem unified modeling language (UML) dan akan menghasilkan aplikasi pengiriman berbasis web.
PERANCANGAN SISTEM PENAGIHAN PIUTANG ATAS JASA PADA PT. TIKI JNE WILAYAH PALEMBANG Noviyanti, Zalia; Khudri, Akhmad
SEMHAVOK Vol 2 No 2 (2020): Juli - Desember 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. TIKI JNE Wilayah Palembang merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa pengantaran yang ada di Palembang, khususnya di kawasan Jalan Mayor Ruslan No. 04, Kelurahan 20 Ilir D II, Kecamatan Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30114. Dalam proses penagihan piutang dan pencatatan pada perusahaan tersebut masih dilakukan secara manual. Apabila penagihan dan pencatatan data piutang atas jasa (invoice), tidak dikelola dengan baik maka akan terjadi keterlambatan pembayaran oleh pihak customer yang mengakibatkan pembayaran terlambat dan menghambat laporan. Untuk itu penulis merancang suatu System penagihan piutang atas jasa pada perusaahn wilayah Palembang dengan menggunakan xampp dan phpmyadmin.
PROSEDUR PEMUSNAHAN ARSIP DI DEPARTEMEN PGMR PT. SEMEN BATURAJA (PERSERO) TBK Gins, Putri Shenia Tsabitha; Roni, Mukran
SEMHAVOK Vol 2 No 2 (2020): Juli - Desember 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prosedur Pemusnahan Arsip di Departemen PGMR PT. SEMEN BATURAJA (PERSERO), Tbk adalah judul yang diambil oleh penulis dalam menulis penelitian ini. Dalam melakukan kerja praktek di PT. SEMEN BATURAJA (PERSERO), Tbk penulis menemukan dan mempelajari banyak hal baru dan mampu menambah wawasan, terutama mengenai prosedur pemusnahan arsip. Selama kerja praktek, penulis membantu pekerjaan karyawan di admin dan kantor di bawah Presiden Direktur perusahaan. Metode yang digunakan untuk menulis laporan ini adalah metode observasi. Metode observasi adalah mengamati dan mewawancarai kegiatan karyawan di PT. SEMEN BATURAJA (PERSERO), Tbk. Berdasarkan penelitian bahwa Prosedur Pemushana arsip belum dapat berjalan secara optimal karena faktor-faktor tertentu. Namun, sistem ini telah cukup efektif dalam Prosedur Pemusnahan Arsip.
APLIKASI DATA PEGAWAI PENGADILAN TATA USAHA NEGARA PALEMBANG BERBASIS DESKTOP Kuswara, Rezki Alimam; Putra, Ade
SEMHAVOK Vol 2 No 2 (2020): Juli - Desember 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi data pegawai merupakan Sistem informasi penggajian pegawai honorer pada Kantor Pengadilan Tata Usaha Negara Palembang serta Pengelolaan data pegawai yang belum efektif dan Pembangunan system ini menggunakan aplikasi Microsoft Visual Studio 2008 dan menggunakan Mysql PhpMyAdmin sebagai database. Hasil dari penelitian ini ialah Aplikasi Data Pegawai Pengadilan Tata Usaha Negara Plembang (PTUN) Berbasis Desktop yang mampu diharapkan dapat mempermudah melakukan pengelolaan data-data pegawai.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA PT. PLN (PERSERO) AREA LAHAT RAYON LEMBAYUNG Astuti, Tri; Septayuda, Irwan
SEMHAVOK Vol 2 No 2 (2020): Juli - Desember 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kualitas pelayanan di PT. PLN (Persero) Area Lahat Rayon Lembayung di bagian constumer service menggunakan dimensi Bukti Fisik (Tangibles) dapat dinyatakan cukup baik dilihat dari pegawai, Kendalan (Reliability) dapat dinyatakan kurang baik dilihat dari ketepatan waktu & Displin, Daya Tanggap (Responsiveness) PT. PLN (Persero) Area rayon lembayung masih kurang baik, Jaminan (Assurance) dilihat dari kemampuan & keterampilan para pegawai sudah baik, Empati (Emphaty) dinyatakan cukup baik, akan tetapi dalam kualitas pelayanan masih kurang perlu diperbaiki atau belum berjalan secara optimal. Hasil penelitian kualitas pelayanan dikantor PT. PLN (Persero) Area Lahat Rayon Lembayung dalam memberi layanan masih kurang maksimal karena konsumen masih kurang puas terhadap pelayanan yang diterima, ketidakpuasan itu disebabkan oleh faktor kurangnya pegawai dibagian constumer service, kurangnya displin dan ketepatan waktu pegawai, kurangnya mengatasi keluhan para konsumen, serta kurang cepat dan tanggap. Sebaiknya ada penambahan pegawai agar tidak terjadinya antrian yang terlalu panjang membuat pelanggan menjadi tidak nyaman menunggu terlalu lama, lebih meningkatkan kedispilinan pegawai harus lebih optimal dengan cara membuat penilaian disetiap bulannya untuk pegawai yang displin dan dipasangkan foto agar pegawai lain termotivasi, melakukan evaluasi terhadap keluhan pelanggan agar nantinya PT. PLN (Persero) dapat merespon keluhan pelanggan dengan baik dan lebih mementingkan keluhan call center, serta perusahaan terlebih dahulu memberitahukan bahwa ada pemadaman listrik secara bergiliran melalui surat peringatan.
ANALISA KUALITAS INTERNET PADA JARINGAN FIBER OPTIK DI PT. SINAR ALAM PERMAI Anugrah, Ades; Tujni, Baibul
SEMHAVOK Vol 2 No 2 (2020): Juli - Desember 2020
Publisher : Fakultas Vokasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT.Sinar alam permai memiliki layanan jaringan internet LAN yang menggunakan kabel fiber optik sebagai media penghubung antar jaringan Komputer). Quality of service (QoS) yakni carapengukuran seberapa baik atau buruknya suatu service jaringan. Parameter-parameter (QoS) yaknidelay, troughput, packet loss dan bandwidth menurut standart THIPON. Di gedung engineering lantai 1 - 4 pada PT. Sinar Alam Permai bandwith tersedia sebesar 100 Kbps dan kapasitas perlantainya adalah 20 Kbps. Oleh karena itu benar-benar di perlukan pengukuran untuk melihat seberapa baik kualitas layanan/servis yang ada di gedung engineering lantai 1 – 4 menggunakan aplikasi axence nettol untuk mengetahui hasil dari nilai delay, troughput, packet loss dan mengakses http://www.speedtest.net/ untuk mengukur bandwidth. Hasil dari pengukuran (QoS) pada jaringan fiber optik di gedung engineering lantai 1 – 4, pertama dapat di ketahui hasil nilai dari pengukuran bandwidth kecepatan rata-rata unduh yaitu “8.85 Mbps” dan kecepatan rata-rata unggah yaitu “16.02 Mbps”, nilai rata-rata delay adalah “146 ms” yang bearti termasuk kategori sangat bagus karena < 150 ms, nilai rata-rata packet loss adalah “0%” termasuk dalam kategori Sangat Bagus karena <3% dan nilai rata-rata troughputnya sebesar “2.0 Mbps” yang berarti termasuk dalam kategori Sangat Bagus karena >1.2 Mbps.